Jumat, 23 Desember 2011

daging ayam dan telur bisa lindungi otak dari penuaan

Diposting oleh MELIA KHOLILAH ( imel ) blog :) di 01.32
Daging Ayam & Telur Bisa Lindungi Otak dari Penuaan


wolipop - Jakarta, Menurut penelitian, diet kolin dipercaya bisa melindungi otak Anda dari pengaruh penuaan. Kolin adalah nutrisi penting untuk perkembangan otak dan fungsi pembelajaran atau memori. Nutrisi ini merupakan bahan dasar untuk membuat zat kimia pembentuk memori otak yang dikenal dengan acetylkolin.

Senyawa kimia itu berperan pada proses penyimpanan dan pemanggilan kembali memori, perhatian (atensi), maupun konsentrasi seseorang. Kolin banyak ditemukan dalam telur, daging ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak, gandum, alpukat dan pisang.

Para peneliti dari Boston University menemukan, orang yang mengonsumsi banyak kolin memiliki hasil tes memori yang baik dan perubahan otak akibat penuaan tak telalu banyak terjadi. Hasil penemuan tersebut juga melaporkan bahwa diet yang Anda lakukan dapat mempengaruhi usia otak.

"Saya pikir pesannya adalah memakan makanan sehat dan seimbang pada pertengahan usia adalah hal penting," ujar Dr Rhoda Au, peneliti senior seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Hasil tersebut didapat dari survei kesehatan yang dipelajari oleh Dr Au. Ia memberikan kuisioner diet kepada 1.400 orang dewasa berusia 36-83 antara 1991 dan 1995. Kemudian, antara tahun 1998 dan 2001, mereka menjalani tes memori dan menjalani scan otak.

Hasilnya, pria dan wanita di kuartal teratas untuk asupan kolin memiliki hasil tes yang lebih baik dibandingkan kuartal bawah. Hasil ini didapat setelah mempertimbangkan faktor lain seperti pendidikan, lemak dan asupan kalori.

Berdasarkan scan otak, orang dengan asupan kolin rendah lebih cenderung menuju penurunan mental daripada mereka yang mengonsumsi banyak kolin. Para ahli umumnya merekomendasikan laki-laki sebaiknya mendapatkan 550mg kolin per hari, sementara wanita harus mendapatkan 425mg.

Source : wolipop.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

imel kholilah blog's :) Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea