Jumat, 16 Maret 2012

Lembah Anai, Padang, Sumatera Barat

Diposting oleh MELIA KHOLILAH ( imel ) blog :) di 08.02
Untuk menemukan kawasan hutan dan panorama alam yang memikat dari pinggir jalan raya. Kawasan hutan yang eksotis itu bernama kawasan hutan lindung Lembah Anai yang berada di antara jalan Padang ke Bukittinggi yang langsung terlihat ketika sedang melakukan perjalanan.

Dalam 1,5 jam perjalanan dari Padang, kita akan melewati kawasan Lembah Anai yang benar-benar menyejukkan mata. Lembah Anai terkenal dengan bukit dan jurangnya yang terjal, serta air terjun dan sungai Batang Anai yang cantik. Lembah Anai penuh dengan pohon-pohon besar yang menutupi bukit barisan di sekelilingnya dan tentu udara di daerahnya yang menyejukkan ketika melewatinya.

Air terjun Lembah Anai dan air sungai Batang Anai di antaranya berasal dari Gunung Singgalang yang terletak di bagian utara dan anak-anak sungai dari Gunung Merapi yang mengalir melalui Kota Padang Panjang. Airnya mererobos Bukit Barisan yang menjadi air terjun Lembah Anai. Batang Anai juga menampung hampir semua air yang datang dari lereng bagian barat bukit barisan.

Berhentilah sejenak di tempat ini untuk menikmati kesejukan udara di bawah kerindangan pohon-pohon tua. Di sini juga banyak monyet liar yang berkeliaran. Walau lokasinya di pinggir jalan raya, masih cukup tempat yang luas untuk berhenti untuk merasakan kesejukan di sekitar lembah anai.

Tempat favorit pengunjung tentu saja air terjun Lembah Anai yang bersisian dengan jalan raya. Banyak yang sekadar mencuci muka dan merendam tangan dan kaki untuk menikmati kesegaran airnya yang jernih dan dingin, asik untuk dijadikan tempat untuk pemotretan yang membelakangi air terjun lembah anai.

Ada banyak tempat untuk bersantai menikmati Lembah Anai. Bila punya cukup waktu, bisa juga bersantai dan bermain di pinggir sungai Batang Anai yang penuh batu-batu besar di bawah rindangnya pohon. Bisa juga belanja cemilan khas Minang, di kawasan ini banyak rumah makan dan pedagang yang berjualan makanan kecil. 

Untuk para wisatawan yang sedang berwisata ke Padang berhentilah sejenak sambil beristirahat di lembah anai. Tetapi harus juga cermati cuaca. Karena bila musim hujan, kawasan ini cukup berbahaya, rawan longsor di tebing jalan serta air sungainya bisa tiba-tiba meluap.
Lembah anai nya yang lumayan asik untuk nongkrong dan berfoto-foto itu lumayan bagus untuk dijadikan kenang-kenangan, lembah anai termasuk terkenal di wilayah sumatera barat, padang.

berikut foto-foto disekitar lembah anai...















0 komentar:

Posting Komentar

 

imel kholilah blog's :) Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea